Lempuk Durian



Lempuk Durian

Lempuk atau Lempok yang mau saya icip ini adalah penganan tradisional bertekstur lunak, berbahan dasar buah durian yang dicampur dengan gula yang dimasak lebih dari 3 jam, dan memiliki  warna coklat kehitaman.

Bentuk Lempuk ini silinder, dikemas dengan plastik, lalu dibalut dengan daun jagung yang sudah dikeringkan. Barulah seluruh bagian lempuk dibungkus dengan daun jagung yang dikeringkan,diikat dengan tali putih di kedua ujungnya. Selain berbetuk silinder, lempuk dapat dibentuk kotak, segi empat, atau dibuat silinder kecil seperti permen. Pastinya, sebelum ada kemasan plastik, Lempuk ini dibungkus langsung dengan daun.

Lempuk Durian banyak dihasilkan di beberapa daerah penghasil buah Durian di Indonesia seperti Riau, Pontianak,Medan. Penganan dengan sebutan Lempuk ini pun sangat familiar oleh masyarakat yang tinggal di negara Brunai Darussalam dan Malaysia.

Bengkalis, merupakan salah satu kabupaten di provinsi Riau yang kaya akan hasil pertanian dan perikanannya. Dengan posisinya yang strategis yaitu terletak di muara sungai Siak, menjadikan pulau ini memiliki potensi perikanan yang tentunya dapat dioptimalkan, yaitu hasil perkebunan dan pertaniannya
Melimpahnya hasil panen durian di pulau Sumatera dan Kalimantan, membuat buah durian segar tidak semua nya dapat habis dikonsumsi. Oleh sebab itu butuh kreativitas dalam mengolah buah durian segar menjadi dodol, selai, tempoyak, dan beberapa tahun ini cukup trend adalah pancake durian. Tidak semua orang menyukai buah durian, karena baunya yang tajam. Tetapi di Bengkalis, lempuk durian ini tetap menjadi primadona.

Berikut resep lengkap Lempuk Durian :

Adapun bahan-bahannya:

1. 4 Kg buah durian
2. 1 Kg gula pasir.
3. 1 Sendok teh garam.

Cara membuat lempok durian :

1. Ambill daging durian.

2. Lalu kita campur ketiga bahan diatas yaitu daging durian,gula pasir dan juga 1sendok teh garam.

3. Masukkan semua bahan diatas ke dalam kuali memasak dodol.

4. Panaskan kuali yang berisi ketiga bahan diatas kemudian aduk aduk terus tentunya dengan menggunakan api sedang saja agar tidak menjadi cepat    gosong. Pengadukan lempok dodol durian ini membutuhkan waktu kurang lebih 3-4 jam.

5. Setelah lempok durian ini sudah tidak lengket ditangan dan sudah kenyal tentunya, tandanyalempok sudah matang dan angkat.

6. Dinginkan lempok durian kemudian potong potong dan kemas dalam plastik. Semoga resep lempok durian atau dodol durian ini bermanfaat dan bisa menjadi    salah satu ladang bisnis bagi sista yang ingin menjual lempok durian.

Penulis : Erwin Dilan

0 Response to "Lempuk Durian"

Posting Komentar